Kamis, 10 Maret 2011

Harta lo? Harta orang tua lo? Harta Tuhan lo?

Ngomongin soal harta, kita hidup pastinya gak jauh dari yang namanya harta. Uang, barang, jasmani, dan rohani pun merupakan harta terindah yang bisa kita miliki. Kita hidup di dunia ini dengan bermacam-macam kekayaan harta, ada yang amat sangat kaya raya, sangat kaya, sejahtera, makmur, menengah, biasa, standar, bahkan dibawah standar, tapi itu semua akan sia-sia jika kita gak mau berbagi dengan yang lainnya. Yaaa sama aja sih kayak orang pinter tapi pelit, untuk apa dia pinter kalo gak di amalkan kepintarannya? Begitu juga dengan harta. Apa gunanya kaya kalo kita gak berbagi? Emang itu harta siapa sih? Harta kalian? Harta orang tua kalian? Apa harta Tuhan kalian?

Sadar atau gak, terkadang kita menjadi seorang yang sangat angkuh dan sombong karena harta. Contoh kecil ketika di awal masuk tahun ajaran baru, orang tua berbondong-bondong banting tulang untuk mencari uang untuk bayaran sekolah anak-anak mereka. Suatu ketika seorang guru memerintahkan murid-muridnya untuk membeli beberapa buku untuk dijadijan panutan belajar. Namun ketika ada seorang murid yang tidak mampu untuk membeli buku-buku tersebut, dia hanya bisa bertanya apakah dia bisa meminjam buku tersebut kepada temannya yang sudah membeli.

'Lo beli semua buku?'

'Gak sih, gue beli yang sekiranya gue perluin dan kedapetan bab presentasi'

'Wah boleh dong gue pinjem bukunya, absen gue kan dibawah lo'

'Allahualam deh yang penting gue udah gak ribet nyari untuk bahan gue, nyokap gue sih gak pelit kalo soal buku'

'Ya kan kemampuan orang untuk beli beda beda'

Masya Allah... Dibutakan sekali 'si kaya' itu dengan harta. Dia tidak berpikir bahwa masih banyak yang lebih membutuhkan, bahkan ketika si miskin mau pinjem buku sampe bilang seperti itu. Kasarnya sih gini ya, 'GUE JUGA BISA KALI BELI SEMUA BUKU KALO GUE BANYAK DUIT, SAYANG AJA GUE MISKIN!'.

Astagfirullah... Janganlah kita sebagai manusia sombong dan angkuh sehingga dibutakan oleh harta. Harta hanya merupakan titipan dari ALLAH SWT namun tidak akan bisa kita bawa sampai mati.